Kamis, 16 Oktober 2014

Pertanian Berbasis Kearifan Lokal

Pertanian adalah proses bercocok tanam dengan cara memanfaatkan lahan yang ada untuk kegiatan pertumbuhan tanaman dan hewan, sedangkan petani adalah orang yang bekerja atau orang yang melangsungkan kegiatan bertani tersebut.
Kearifan lokal adalah pengambilan kebijakan pada tingkat lokan dalam bidang kesehatan, pertanian, sumberdaya alam dan hidup bermasyarakat. Jadi, Pertanian berbasis lokal adalah cara petani melakukan kegiatan pertanian dari pedesaan atau daerah tersebut. Tidak ada sama sekali campurtangan daerah lain.
Seprtihalnya Pertanian Berbasis Kearifan lokal di daerah bali, para masyarakat dan petani di daerah bali menggunakan metode kearifan lokal, dan petani di daerah bali sangat pintar dan cakap. Dengan pemanfaatan kearifan lokal ini para masyarakat dan petani di daeran bali dapat menarik para wisatawan hingga mancanegara.
Tetapi Pertanian Berbasis Kearifan Lokal harus dikembangkan untuk mendapatkan kemajuan yang lebih, sebagai petani dan masyarakat harus selalu mencari informasi tentang basis kearifan di luar daerah mereka jangan hanya di dalam daerah tempat petani dan masyarakat itu tinggal.


Pertanian Berbasis Kearifan Lokal di Daerah Subak, Bali


1 komentar:

  1. Jadi jenis kearifan lokal apa yang ditampilkan oleh Prpvinsi bali ?

    BalasHapus