Rabu, 08 Maret 2017

Perkembangan E-Commerce Di Bidang Agribisnis

Kita ketahui bahwa sekarang ini perkembangan teknologi sangat begitu pesat. Namun, tidak semua orang merasakan kepesatan dari sebuah teknologi. Seperti para petani-petani yang belum mengenal gadget. Namun, tidak dapat dipungkiri juga banyak yang mengikuti perkembangan teknologi diberbagai bidang. Di dalam bidang bisnis khususnya bisnis pertanian ada beberapa pelaku bisnis menggunakan E-commerce.


E-commerce sendiri menurut Shim, Queshi, Siegel, 2000 merupakan konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa padan World Wide Web Internet. Sedangkan menurut Turban, Lee, King, Chung, 2000 E-commerce merupakan proses jual beli atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet.


Perkembangan E-commerce di dunia agribisnispun sangat pesat, banyak pelaku agribisnis menggunakan E-commerce untuk memasarkan produk pertanian di Indonesia, dan para kostumer juga bisa menikmati dengan sangat mudah. Namun, E-commerce bidang Agribisnis di Indonesia masih harus terus berkembang karena melihat para pesaing usaha lain sudah sangat cepat berkembang. Disamping itu, aplikasinya sangat berkembang dengan cepat mengikuti arus perkembangan global bisnis pertanian. Namun, tidak semua semua pelaku usaha pertanian mempunyai fasilitas elektronik dan tidak semua pelaku usaha mengerti e-commerce Agribisnis karena faktor pendidikan dan sosial-ekonominya. Untuk itu, pendampingan dari para pelaku usaha professional sangat diperlukan untuk membantu para pelaku usaha pertanian (petani, peternak, nelayan) menfasilitasi penerapan e commerce sehingga dapat melakukan penjualan produk secara langsung.


Untuk sarjana muda pertanian khususnya agribisnis, hendaknya menerapkan E-commerce sebagai salah satu tempat untuk memasarkan produk pertanian, dan dapat memberikan pemahaman serta pelatihan kepada pelaku bisnis pertanian yang lainnya.


Sumber : http://7farmers.com/index.php/2015/08/25/ecommerce-untuk-pemasaran-produk-pertanian/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar